Minggu, September 13, 2009

Kereta Peluru Menumpang Ferry


Rodbyhavn - Truk container masuk kapal ferry, itu sudah biasa. Tapi kalau kereta peluru masuk kapal ferry, Jerman punya teknologinya.

Kereta peluru Jerman, Inter City Express (ICE) memiliki trayek dari Hamburg, Jerman, menuju Copenhagen, Denmark. Perjalanan kereta ini harus melintasi sebuah selat selebar 18,6 km di Laut Baltik untuk menyeberang ke Denmark.

Agar bisa menyeberang, ICE menumpang kapal ferry yang didesain khusus. Kapal ferry ini milik perusahaan Scandlines yang memiliki jalur penyeberangan dari Rodbyhvn, Denmark menuju Puttgarden, Jerman.

Kapal ferry Scandlines ini panjangnya 142 meter. Kereta ICE Hamburg-Copenhagen pun hanya terdiri dari 4 gerbong agar muat ke dalam kapal ini. Wartawan detikcom, Fitraya Ramadhanny mencoba pengalaman unik ini saat menyeberang dari Rodbyhavn ke Puttgarden, Sabtu(22/8/2009).

Rel kereta memang sudah dibuat sampai ke ujung dermaga. Begitu kapal ferry siap, ICE pun perlahan lahan masuk ke lambung kapal. Ukurannya memang pas untuk 4 gerbong kereta. ICE berbagi ruang dengan truk di dek pertama. Dek tingkat kedua diperuntukan mobil dan kendaraan lain. Sementara Dek tingkat 3 dan 4 untuk para penumpang.

Melalui pengeras suara, seluruh penumpang diminta turun dari kereta dan bergabung dengan penumpang lain di Dek 3 dan 4. Ini adalah bagian dari prosedur keselamatan, ada semacam denda jika penumpang tetap berada di dalam kereta atau mobil.

Pengunjung dijamin tidak bosan selama penyeberangan ini. Di dek 3 tersedia restoran dan mini market untuk mengisi perut. Anak-anak pun bisa bermain di tempat permainan anak-anak. Mereka yang ingin melihat pemandangan dengan bebas, bisa naik ke dek 4.

"Ini adalah pengalaman unik, naik kereta kemudian langsung menyeberang dengan kapal ferry," ujar Jiro Okamoto (45), turis asal Jepang kepada detikcom.

Perjalanan menyeberang selat ditempuh dalam 45 menit. Menjelang tiba di Puttgarden, penumpang diminta kembali ke dalam kereta. Setelah kapal berlabuh, kereta peluru ICE pun kembali melesat menuju Hamburg.

dari www.detiknews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar